Departemen Kehutanan

Departemen Kehutanan

Jakarta (ANTARA News) – Departemen Kehutanan telah membentuk tim pengkaji rencana strategis Pengelolaan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK), yang bertugas mempercepat program itu melalui pendidikan dan latihan yang sejalan dengan tujuan pengelolaan hutan lestari.

Dalam tugasnya, tim itu telah membagi system kelembagaan KHDTK menjadi empat kelompok; pertama, kelompok yang mengelola 1000 ha dengan akses mudah, kesuburan lahan tinggi, keragaman ekosistem dan jenis, potensial, untuk dikelola dari segi lingkungan dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Kelompok ini mampu dikelola seluruhnya oleh Badan Litbang Kehutanan secara intensif, dan sebagai area kunjungan model pengelolaan.

Kelompok kedua adalah KHDTK yang mempunyai luas kurang dari 1000 ha dengan akses mudah, kesuburan lahan tinggi, keragaman ekosistem dan keragaman jenis tinggi, tetapi kurang potensial untuk dikelola dari segi jasa lingkungan. Kelompok ini mampu dikelola seluruhnya oleh Badan Litbang Kehutanan secara intensif.

Kelompok ketiga adalah KHDTK yang mempunyai luas antara 1000-3000 ha dengan akses relatif mudah, kesuburan lahan tinggi, keragaman ekosistem dan keragaman jenis tinggi, dan masuk kategori sangat potensial untuk dikelola. Kelompok ini dikelola secara kolaboratif, dan sebagai area kunjungan model pengelolaan.

Sedangkan kelompok keempat adalah KHDTK yang mempunyai luas lebih dari 3000 ha dengan aksesibilitas rendah, biodiversitas tinggi, sangat potensial untuk dikelola dari segi jasa lingkungan, serta dukungan sarana dan prasarana kurang memadai dan potensi konflik atas lahan tinggi. Kelompok ini akan dikelola secara kolaboratif.

Selanjutnya, Badan Litbang Departemen Kehutanan akan menggunakan hasil Tim Kajian tersebut sebagai rujukan untuk membentuk sistem pengelolaan KHDTK. Untuk memastikan bahwa areal penelitian dalam kawasan hutan di seluruh Indonesia tidak diganggu untuk kegiatan lain, areal penelitian tersebut dapat ditunjuk sebagai kawasan hutan dengan tujuan khusus untuk hutan penelitian.

Sampai dengan tahun 2007 Badan Litbang Kehutanan telah mengelola 32 KHDTK yang tersebar di seluruh Indonesia dengan luas areal yang bervariasi.

2 Responses so far »

  1. 1

    matchmaker89 said,

    HADUH..MASIH NO COMMENT AJ NY..
    gw ici dah,…hehehehehe,…

  2. 2

    haltecinta said,

    g ikt lu lg dh pam….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: